ARSIP BLOG

Sabtu, 23 November 2013

OPTIMALISASI FUNGSI OTAK PADA ANAK USIA DINI


Seluruh kejadian yang terjadi sepanjang hidup manusai direkam oleh otak , sehingga memungkinkan manusia menjadi lebih baik dan disebut sebagai makhluk sosial. Peran dan modalitas otak dalam proses pembelajaran belum banyak diketahui oleh pengelola pendidikan, peserta pendidikan / anak didik, apalagi orang tua 


PENDAHULUAN

PROSES PEMBELAJARAN ADALAH PROSES PESERTA DIDIK MENYERAP MATERI PEMBELAJARAN DARI PENDIDIK. DALAM SUATU TAHAPAN PENDIDIKAN HASIL DARI PROSES BELAJAR DIHARAPKAN DAPAT TERJADI PERUBAHAN PERILAKU YANG MENETAP. PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI NEUROLOGI BERKAITAN ERAT DENGAN FUNGSI KAPASITAS OTAK YANG ADA. APA PERMASALAHAN PENDIDIKAN SAAT INI DI TINJAU DARI SEGI NEUROLOGI? MODALITAS OTAK TIDAK TERSTIMULASI DENGAN OPTIMAL DAN TEPAT DALAM TAHAPAN PROSES BELAJAR TERMASUK PADA AWAL PENDIDIKAN/ANAK DINI USIA TAHAPAN PROSES TUMBUH KEMBANG PADA ANAK MASA DINI USIA ADALAH GOLDEN PERIODE (FISIK, MOTORIK, INTELEKTUAL, EMOSIONAL, BAHASA, SOSIAL) PESAT PERKEMBANGAN SELANJUTNYA : PERKEMBANGAN MOTORIK USAHA KEMANDIRIAN DAN SOSIALISASI TAHAPAN TERSEBUT SANGAT PENTING PADA AWAL KEHIDUPAN DIMANA ANAK JUGA SUDAH MAMPU MENERIMA KETRAMPILAN & PENGAJARAN SEBAGAI DASAR-DASAR PENGETAHUAN & PROSES BERFIKIR (BLOOM, 1964) APA HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN DENGAN FUNGSI OTAK ? Meningkatkan Modalitas otak dalam proses pembelajaran anak dini usia Merangsang Bagian2 Otak dan kedua belahan otak Meningkatkan kemampuan Panca Indera Sebagai Alat yang Menghantarkan Rangsang ke Otak Melibatkan pusat emosi, berpikir, pusat pengaturan tubuh yang dinilai sebagai berbagai fungsi intelligen:EQ,IQ,SQ (Visuospatial, matematika, menggambar, sosial, musik, kinaestetik, inter/intra personal) PERAN MODALITAS INDRA DALAM PROSES BELAJAR OTAK Berbagai macam indra mempunyai spesifikasi tersendiri dalam proses pengindraan dan mengirimkan energi ke otak dan merangsang bagian otak sehingga menimbulkan energi listrik pada tiap2 bagian otak INDRA PELIHATAN Berperan sebagai alat penerima energi cahaya yang akan dirubah menjadi energi listrik melaui proses kimiawi INDRA PENDENGARAN Berperan sebagai alat penerima gelombang suara yang akan dirubah menjadi energi listrik melaui proses mekanik INDRA GERAK Berperan sebagai alat perekam gerak yang akan dirubah menjadi energi listrik melaui proses kimiawi Energi listrik diotak menimbulkan berbagai jenis gelombang (Alfa, Beta, dan Theta) yang pada akan merangsang pengeluaran suatu zat sebagai mediator (neuro-transmitter) sebagai sarana komunikasi bermilyard-milyard neuron di Otak) OPTIMALISASI FUNGSI BELAJAR OTAK ANATOMI OTAK BAGIAN-BAGIAN OTAK BAGIAN-BAGIAN OTAK Otak Bagian Depan (Frontal  Cognitif) Otak Bagian Atas (Parietal  Gerak & Rasa) Otak Bagian Belakang (Occipital  Pelihatan) Otak Bagian Samping (Temporal  Pendengaran) BELAHAN OTAK BELAHAN OTAK : Otak terdiri dari dua belahan kiri dan kanan yang masing-masing mempunyai peran yang berbeda dalam satu kegiatan. PERTUMBUHAN FISIK OTAK PERTUMBUHAN OTAK : - lahir 350 gr - 3 bulan 500 gr - 18 bulan 1000 gr - 6 tahun 1300 gr PERKEMBANGAN OTAK DAN PROSES BELAJAR PERKEMBANGAN OTAK DAN PROSES BELAJAR PERKEMBANGAN OTAK DAN PROSES BELAJAR STIMULASI DASAR Stimulasi dasar adalah stimulasi yang dilakukan untuk pengenlan berbagai jenis energi yang dapat diserap oleh panca indra. STIMULASI VISUAL Pengenalan intensitas cahaya merupakan proses awal stimulasi visual dengan berbagai macam intensitas mulai ½ terang, ½ gelap. 1/3 gelap, kemudian gelap dilakukan bertahap dan bergantian untuk merangsang sel-sel penangkap cahaya gelap dan terang di mata. Pengenalan warna dasar yang kontras Pengenalan berbagai perbedaan warna Peningkatan konsentrasi mata dan gerakan pola mata Bentuk stimulasi benda-benda dengan warna kontras Benda-benda dengan warna kontras, bentuk berbeda beda Benda dengan warna kontras yang bergerak Kombinasi gerakan benda dengan bunyi-bunyian dari berbagai arah berbeda Kemampuan gerakan bola mata yang diperlukan untuk proses membaca dengan mengunakan gambar-gambar yang berurutan PERAN MUSIK PADA TUBUH DAN OTAK High Brain Function: Visual Visual Attention Visual Recognition (Recall Visual Memory) Visual motorik (otot: bola mata) 3.4.6. Visual Spatial Luas Lapang Pandang Auditorik Auditorik Attention, Recognition, Auditorik Motorik Mengkoordinasikan gelombang getar yang direkam di pusat pendengaran dan selanjutnya dikoordinasikan ke pusat bicara yang berfungsi mengatur berbagai otot yang berperan dalam proses berbicara. KESIMPULAN Stimulasi proses penginderaan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan telah banyak dilakukan banyak orang akan tetapi pengertian yang mendasar secara neorologi perlu dipahami. Optimalisasi proses penginderaan pada anak dini usia lebih ditekan pada pola bermain sesuai dengan dominasi otak kanan Stimulasi spesifik pada masing-masing modalitas indra belum dipahami dengan benar. Stimulasi lanjut di perlukan untuk persiapan untuk pembelajaran formal di kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar